Lima Paket Soal Unas Sudah Diuji Coba

Lima Paket Soal Unas Sudah Diuji Coba
Lima Paket Soal Unas Sudah Diuji Coba
JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, adanya perubahan konsep dalam pelaksanaan ujian nasional (Unas) merupakan bentuk upaya pemerintah meningkatkan kualitas siswa. Salah satunya, dengan membuat naskah soal Unas 2011 dibagi ke dalam lima paket.

Menurutnya, hal tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa, juga untuk meningkatkan kejujuran siswa. “Lima paket soal itu dibuat agar siswa tidak dengan mudah mencontek di dalam kelas,” terang Fasli ketika ditemui usai usai membuka Lokakarya Nasional "Percepatan Peningkatan Mutu Pendidikan di Papua" di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (6/4).

Mantan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas ini mengatakan, konsep itulah yang membuat beda antara UN saat ini dengan tahun lalu. Katanya, soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda itu sudah diujicobakan berkali-kali di sekolah yang bermutu baik, kurang baik, dan sangat baik mutunya

“Hal tersebut sebaiknya tidak terlalu diambil pusing. Sesungguhnya, terang Fasli, mekanismenya bisa dikatakan hampir sama dengan sistem Unas tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, yang membedakan adalah adanya pembobotan nilai Unas dan Ujian sekolah di dalam penentuan kelulusan. Serta, soal naskah Unas yang disediakan terdiri dari lima paket,” paparnya.

JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, adanya perubahan konsep dalam pelaksanaan ujian nasional (Unas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News