Lintas Cigombong-Cicurug Ditargetkan Rampung Akhir 2018

Lintas Cigombong-Cicurug Ditargetkan Rampung Akhir 2018
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Jalur ganda KA Bogor - Sukabumi saat ini terus dikebut pembangunannya.

Saat ini pembangunan jalur ganda KA yang sedang berjalan yaitu Segmen I untuk lintas Cigombong- Cicurug sepanjang 7,5 KM.

Rencananya jalur ini akan selesai pada Desember 2018.

"Curug cigombong akan selesai Desember 2018. Progresnya kira-kira 10 persen. Karena sekarang kami lagi menyelesaikan tanahnya (pembebasan) dulu," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi menjelaskan pihaknya tengah berkonsentrasi pada jalur Cigombong-Cicurug karena kondisi tanahnya yang berbukit.

"Kami konsentrasi di sini karena turun naiknya (kondisi tanah) tinggi sekali. Kalau naik turun membuat kecepatan kereta lambat dan kemampuannya rendah. Di sini derajatnya tercatat 26/1000, padahal syarat maksimal atau minimal 20/1000. Jadi kami mengurangi 6/mil, dengan menurun itu rangkaian (kereta) bisa 8 atau 10. Jadi daya angkut manusianya lebih banyak lagi," terang Budi.

Sebagai informasi, pembangunan jalur ganda KA Bogor–Sukabumi terbagi dalam dua segmen yakni Segmen I Paledang–Cicurug sepanjang 26,7 km yang akan dimulai pada 2018 dan ditargetkan selesai pada 2019.

Sedangkan Segmen II Cicurug–Sukabumi sepanjang 30,5 km akan diharapkan selesai pada 2020.(chi/jpnn)


Pembangunan jalur ganda KA Bogor–Sukabumi terbagi dalam dua segmen yakni Segmen I Paledang–Cicurug sepanjang 26,7 km yang akan dimulai pada 2018.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News