Liverpool Vs Arsenal: Adu Tajam Salah dengan Aubameyang

Liverpool Vs Arsenal: Adu Tajam Salah dengan Aubameyang
Mohamed Salah (kiri) vs Pierre-Emerick Aubameyang. Foto: from BT Sport

jpnn.com, LIVERPOOL - Laga antara Liverpool vs Arsenal di Anfield, Minggu (30/12) dini hari nanti tak ubahnya menjadi gelanggang pembuktian siapa penyerang terbaik Premier League musim ini (siaran langsung RCTI/beIN Sports 1 pukul 00.30 WIB).

Apakah Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) yang untuk sementara menyandang gelar Golden Boot dengan 13 gol. Atau Mohamed Salah (Liverpool) yang sudah menghasilkan selusin gol musim ini dan periode 2017-2018 menjadi pemain terproduktif Premier League.

Keduanya sama-sama pernah menyabet gelar pemain terbaik Afrika. Satu di tahun 2015, yang lain di 2017. Kesamaan lainnya kedua pemain ini juga pernah menjadi top skor di satu di antara lima liga elite Eropa.

Nah, BT Sport kemarin (28/12) membeberkan statistik jika Aubameyang selain unggul satu gol di atas Salah, pemain asal Gabon itu memiliki rerata gol per menit lebih apik. Yakni 114 menit per gol. Sedangkan Salah 132 menit per gol.

Area mencetak gol Aubameyang juga lebih komplit daripada Salah. Dari 13 gol Aubameyang di Premier League dua gol dari luar kotak penalti, tujuh gol di area penalti, dan empat gol dari kotak enam yards. Sementara Salah, tanpa gol dari luar kotak penalti, delapan gol di area penalti dan empat gol di kotak enam yards.

“Aubameyang mengonversi 27,7 persen tembakannya menjadi gol sedangkan Salah hanya 18,5 persen. Namun Salah memiliki persentase dribel sukses 70,18 persen sementara Aubameyang hanya 43,3 persen,” tulis BT Sport.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp kepada ESPN mengatakan sejak awal musim tak pernah satu kali pun terbersit meragukan kemampuan mencetak gol Salah. Meski tak mencetak gol per matchweek Premier League musim ini bagi Klopp kemampuan finishing eks pemain Chelsea dan Basel itu stabil.

“Dia (Salah, red.) beradaptasi dengan posisinya sebagai penghubung di lini depan dan tengah. Dia masih memiliki naluri mencetak gol tinggi, kecepatan, dan tentu kemampuannya mengeksekusi masih sangat bagus,” tutur pelatih berusia 50 tahun itu.

Pierre-Emerick Aubameyang untuk sementara memimpin daftar pencetak gol di Premier League dengan 13 gol, disusul Mohamed Salah dengan 12 gol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News