LLP KUKM dan PUM Belanda Gelar Bimbingan Teknis buat UKM

LLP KUKM dan PUM Belanda Gelar Bimbingan Teknis buat UKM
Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi (tiga kanan) bersama tenaga ahli dari PUM Belanda. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) menggandeng Project Uitzending Managers (PUM), sebuah organisasi non-profit dari Belanda untuk melakukan bimbingan teknis bagi para UKM untuk kategori produk kerajinan kreatif berbahan dasar kulit.

Selain bimbingan teknis, kerja sama ini juga memberikan workshop, pendampingan dan konsultasi buat para UKM.

PUM Belanda terdiri atas para tenaga ahli senior yang merupakan relawan yang mempunyai misi membantu para pelaku usaha di negara-negara berkembang dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya. 

PUM tercatat mempunyai network yang berasal dari 4.000 tenaga ahli di 80 sektor usaha termasuk dalam hal ini usaha kerajinan kulit.

Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi mengatakan kerja sama LLP-KUKM dengan PUM Belanda bertujuan meningkatkan mutu, desain produk, dan informasi pasar produk kerajinan berbahan dasar kulit.

Menurutnya UKM Indonesia perlu mendapat bimbingan teknis, pendampingan dan konsultasi agar produk mereka lebih baik lagi. “Kami terus membantu UKM Indonesia, agar produk mereka menjadi juara di pasar dalam negeri dan mampu bersaing di pasar luar negeri,” papar Zabadi di Jakarta, Senin (5/12).

Tim dari PUM Belanda beserta Wakil Duta Besar RI untuk Belanda Ibnu Wahyutomo datang ke Jakarta melakukan berbagai program kegiatan pengembangan Koperasi dan UKM di Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Sidoarjo.   

Sejak akhir November lalu, tenaga ahli dari PUM, Albertus Van Zelts memberikan pelatihan kepada 100 orang pelaku UKM mitra LLP-KUKM untuk kategori fashion, sepatu dan asesoris berbahan dasar kulit.  

JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) menggandeng Project Uitzending Managers (PUM), sebuah organisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News