Lo Kok Dovizioso jadi Unggulan di MotoGP Qatar? Marquez?

Lo Kok Dovizioso jadi Unggulan di MotoGP Qatar? Marquez?
Andrea Dovizioso. Foto: GPOne

jpnn.com, LOSAIL - Musim balapan MotoGP 2018 bakal digeber mulai Minggu (18/3) malam waktu Losail, Qatar. Ya, Sirkuit Losail kembali dipercaya menjadi seri pertama kebut-kebutan para penunggang Kuda Besi dunia.

Ketatnya hasil uji coba pramusim mengirimkan sinyal bahwa akan lebih banyak pembalap yang terlibat persaingan di baris terdepan.

Runner-up musim lalu Andrea Dovizioso (Ducati) menjadi yang teratas dijagokan sebagai juara seri pertama. Meski tak pernah menjadi pembalap tercepat pada tiga episode uji coba pra musim di Malaysia, Thailand, dan Qatar rider 31 tahun tersebut memamerkan hasil long run yang menjanjikan. Catatan waktunya konstan cepat.

Misalnya tampak pada long run yang dilakukan Dovi pada hari kedua tes Qatar. Saat itu, pembalap Italia tersebut melakukan 12 lap tanpa henti pada pukul 19:06 sampai 19:27. Ini adalah waktu yang representatif karena bersamaan dengan jadwal balapan sebenarnya di Qatar.

Pada lap kedua sampai 12 catatan waktunya mengerikan. Yakni berkisar antara satu menit 55,7 detik sampai 1 menit 54 detik bawah. Tak pernah lebih lambat dari itu. Meski tak sampai 20 lap seperti balapan sebenarnya, 12 lap itu sudah cukup untuk menilai kekuatan Dovi.

Bandingkan dengan race pace pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales saat menjuarai GP Qatar musim lalu. Yakni antara satu menit 57,454 detik sampai satu menit 56,157 detik. Jika melihat data ini, jelas Dovi lebih cepat.

Meskipun kondisi saat uji coba akan jauh berbeda dibandingkan dengan balapan yang sebenarnya. Di tes pembalap akan menggeber motornya sendirian tanpa harus berduel dengan rider lain.

Long run Dovi nyaris sama dengan race pace Jorge Lorenzo saat menjuarai GP Qatar dua tahun lalu bersama Yamaha. Yakni antara 1 menit 56,457 detik hingga satu menit 54,927 detik. Jika Dovi mampu mempertahankan kecepatannya saat uji coba di balapan Qatar nanti, prediksi bahwa dia adalah kandidat kuat juara bukan cuma isapan jempol.

Jika Andrea Dovizioso yang diunggulkan di MotoGP Qatar, maka Johann Zarco layak dicap sebagai Kuda Hitam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News