Lockdown di Kampung Jokowi Diperpanjang, Gibran: Pokoknya Sampai Hasil Negatif Semua

Lockdown di Kampung Jokowi Diperpanjang, Gibran: Pokoknya Sampai Hasil Negatif Semua
Karantina wilayah di Kelurahan Sumber. Solo, akan diperpanjang. Foto: M IHSAN/RADAR SOLO

jpnn.com, SOLO - Jumlah pasien Covid-19 dari klaster buka bersama (bukber) di Kelurahan Sumber, Solo, Jawa Tengah, pascaperluasan tracing yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir, terus bertambah.

Dari 13 orang yang menjalani tes PCR, sembilan orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (24/5).

Ketua Pelaksana Harias Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani mengungkapkan, Dinkes Surakarta telah memperluas cakupan wilayah tracing untuk klaster Sumber.

Kasus Covid-19 yang menyebar di RT 05-06 RW 07 diperluas hingga ke wilayah RT 07 di RW setempat. Hasilnya sembilan orang dari 13 orang yang menjalani PCR dinyatakan positif corona.

“Tracing tersebut dilakukan setelah ada satu tambahan warga yang positif Covid-19 saat dilakukan tes swab PCR terhadap 71 warga di RT 06 RW 07. Karena masih ada tambahan, makanya tracing kami perluas. Hasilnya sembilan positif,” kata dia, Senin.

Dengan temuan sembilan kasus baru ini, pemkot bakal melakukan tracing lanjutan. Semua pihak yang sempat melakukan kontak dengan sembilan pasien baru itu akan dijadwalkan untuk menjalani serangkaian tes dan pengecekan. Hal ini akan terus dilakukan hingga semua hacil tracing dinyatakan negatif. 

“Karena ada penambahan tersebut, maka karantina wilayah di RT 5 dan 6 RW 7 Kelurahan Sumber otomatis diperpanjang lagi. Dari sebelumnya hingga 1 Juni bakal diperpanjang hingga 14 hari ke depan. Konsep serupa bakal diterapkan jika tracing di RT lain ditemukan banyak yang positif, maka akan diperluas karantina wilayahnya,” papar Ahyani.

Berdasarkan data Kelurahan Sumber, sembilan orang yang dinyatakan positif itu tujuh orang di antaranya merupakan warga RT 06. Kemudian, dua orang lainnya dari RT 05 dan RT 03 wilayah RW 07 Kelurahan Sumber. 

Pemkot Surakarta mengonfirmasi adanya penambahan pasien Covid-19 dari klaster buka bersama (bukber) di Kelurahan Sumber pascaperluasan tracing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News