Logo PDIP Dalam Soal Ujian Anak SD, Begini Ceritanya..

Logo PDIP Dalam Soal Ujian Anak SD, Begini Ceritanya..
Logo parpol yang terdapat pada soal ujian tingkat SD di Kabupaten Bogor. Foto: dari radar bogor

jpnn.com, BOGOR - Kasi Penilaian dan Kurikulum Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Wawan Kuswandi membenarkan munculnya logo PDI Perjuangan dalam soal ujian tingkat SD di wilayahnya.

Bukan hanya di Kecamatan Klapanunggal, tapi logo partai yang mengusung petahana Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019 itu juga muncul di Kecamatan Tenjo.

Atas kejadian tersebut, disdik pun langsung melakukan rapat kordinasi bersama pengawas. “Dalam rapat itu hadir para pengawas sekolah Kecamatan Klapanunggal, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tenjo, dan pengusaha percetakan naskah soal Penilaian Akhir Semester (PAS), disaksikan oleh kepala bidang Pembina SD kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, serta perwakilan kelompok kerja Pengawas sekolah KPPS,” kata Wawan kepada Radar Bogor.

Wawan melanjutkan, semua pihak menyampaikan permohonan maaf atas adanya penulisan naskah soal mata pelajaran PKN Kelas 6, khususnya nomor 27 yang secara jelas mengambarkan logo salah satu peserta partai pemilu.

Pihak pengawas, kata Wawan, tidak bermaksud melakukan kampanye atau sosialisasi atas salah satu partai peserta pemilu.

“Ini hanya bagian dari penilaian terhadap daya nalar anak tentang partai-partai peserta pemilu,” katanya melanjutkan klarifikasi.

Menurut panitia, landasan materi pembelajaran tentang nama-nama dan lambang partai peserta pemilu memang terdapat dalam silabus serta buku sumber pelajaran PKN Kurikulum 2006.

Sehingga secara substansi dan secara redaksional naskah soal PKN Kelas 6 nomor 27 itu masih bisa dikatakan relevan dengan materi pembelajaran.

Tak hanya di Klapanunggal, di Tenjo pun muncul soal ujian tingkat SD yang terdapat logo PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News