Lokasi Tambang Runtuh, 27 Pekerja Tewas

Lokasi Tambang Runtuh, 27 Pekerja Tewas
Lokasi Tambang Runtuh, 27 Pekerja Tewas

jpnn.com - KABUL--Sebanyak 27 penambang di Afghanistan tewas setelah terperangkap di lokasi pertambangan yang berada di Samangan.

Kompleks pertambangan itu ambruk dan juga menyebabkan empat anggota tim penyelamat luka parah.

Juru bicara pemerintah daerah Mohammad Seddiq Azizi mengatakan para penambang bekerja untuk perusahaan tambang batu bara Abkhorak. Otoritas setempat menyebutkan tim penyelamat tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Seperti dimuat laman BBC (15/9), kegiatan pertambangan di negara itu merupakan sebuah industri yang sepenuhnya dikendalikan pemerintah. Selain 27 korban jiwa, dikhawatirkan sebanyak 13 penambang lain masih terperangkap di dalam tambang yang berada 215 kilometer dari ibukota Kabul.

Kejadian ini merupakan insiden terbaru yang menimpa industri pertambangan Afghanistan. Pada Desember lalu, 11 pekerja tambang dilaporkan tewas dalam insiden serupa di Baghlan.

Afghanistan dikenal sebagai wilayah yang memiliki cadangan minyak, gas, dan tembaga yang melimpah. Negara ini juga dikenal memiliki sumber daya mineral yang luas. Pada 2010, Kementerian Pertambangan Afghanistan mengklaim cadangan tersebut bernilai hampir USD 1 triliun. (esy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Mulai Lirik Gencatan Senjata

KABUL--Sebanyak 27 penambang di Afghanistan tewas setelah terperangkap di lokasi pertambangan yang berada di Samangan. Kompleks pertambangan itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News