Lokomotif Bermasalah, Tiga KA Lebaran Alami Keterlambatan

Lokomotif Bermasalah, Tiga KA Lebaran Alami Keterlambatan
Lokomotif Bermasalah, Tiga KA Lebaran Alami Keterlambatan

jpnn.com - JAKARTA - Keterlambatan pemberangkatan kereta api (KA) masih mewarnai arus balik Lebaran. Berdasarkan pantauan situasi angkutan lebaran perkeretaapian 2015 yang dilakukan di sembilan Daerah Operasi (Daops) PT KAI Jawa dan Sumatera pada Selasa (21/7) kemarin, ada tiga jadwal KA yang molor.

Tiga KA yang mengalami keterlambatan adalah Argo Dwipangga, Krakatau relasi Kampung Bandan-Kediri dan Malioboro Ekspres. Menurut  Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Perhubungan, JA Barata, data yang diterima Posko Angkutan Mudik Lebaran Kemenhub 2015 menunjukkan keterlambatan jadwal KA itu dikarenakan lokomotif mengalami gangguan.

"Sehingga perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Dan itu tentunya memakan waktu," kata Barata di Jakarta, Rabu (22/7).

Merujuk pada data Posko Lebaran Kemenhub, KA Argo Dwipangga mengalami keterlambatan hingga 80 menit. Kereta  relasi Gambir-Solobalapan yang harusnya berangkat pukul 08.00 WIB itu mundur menjadipukul 09.20 WIB. Penyebabnya karena lokomotif mengalami gangguan dan menunggu pergantian lokomotif dari Dipo Lokomotif Jatinegara. Secara keseluruhan KA Argo Dwipangga mengalami total kelambatan sebesar 94 menit.

Sedangkan KA Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang mengalami gangguan modul pneumatic yang bisa membahayakan. Karenanya, PT KAI mengganti lokomotif Malioboro Ekspres sehingga mengalami keterlambatan  63 menit. Malioboro Ekspres yang seharusnya berangkat pukul 07.30 WIB, mundur menjadi pukul 08.33 WIB. Secara keseluruhan KA ini mengalami kelambatan sebesar 70 menit.

Adapun KA Krakatau relasi Kampung Bandan-Kediri terpaksa melakukan perbaikan kereta pembangkit akibat mesin panas. Kereta pembangkit tersebut diganti di Stasiun Cirebon pada pukul 16.31 WIB dan baru selesai pukul 17.29 WIB. Sehingga mengalami total keterlambatan 59 menit.(chi/jpnn)


JAKARTA - Keterlambatan pemberangkatan kereta api (KA) masih mewarnai arus balik Lebaran. Berdasarkan pantauan situasi angkutan lebaran perkeretaapian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News