Lomba Berselawat Diiringi Musik Kolintang, Nih Pemenang Piala Bergilir Menteri Agama

Lomba Berselawat Diiringi Musik Kolintang, Nih Pemenang Piala Bergilir Menteri Agama
Suasana pelaksanaan Final Lomba Virtual Kolintang Berselawat (LVKS) di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta, Sabtu (25/9/2021). Foto: PINGKAN Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Para insan Kolintang yang tergabung dalam Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia berkolaborasi dengan Sanggar Limeka dan Organisasi istri Anggota TNI AL atau Jalasenastri serta didukung oleh RRI Jakarta menyelenggarakan Final Lomba Virtual Kolintang Berselawat (LVKS) di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, para pegiat dan pencinta musik Kolintang tetap aktif dan menunjukkan karya-karyanya dengan berpartisipasi pada lomba ini.

Acara ini sudah dimulai sejak 7 September 2021 diawali dengan babak penyisihan dan yang berhasil masuk dalam babak final ini sebanyak 20 grup.

Lomba ini memperebutkan Piala Bergilir Menteri Agama RI yang baru pertama kali ini diadakan secara virtual dan nasional.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi kegiatan lomba ini di mana musik etnik Indonesia seyogyanya dapat diterima di semua kalangan dan dapat digunakan untuk mengiringi lagu dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk semua agama.

Hal ini disampaikan Menteri Agama secara virtual dalam pembukaan acara final Lomba Virtual Kolintang Berselawat.

Pada kesempatan itu, Ketua umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia ibu Penny Iriana Marsetio menyampaikan lomba kali ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat Indonesia bahwa musik kolintang selain bisa membawakan pujian atau lagu Kristiani juga dapat mengiringi lagu religi dan selawat dari agama muslim.

Penny Iriana Marsetio berharap musik kolintang dapat dimainkan oleh para santri di Pondok pondok Pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para pegiat dan pencinta musik Kolintang tetap aktif dan menunjukkan karya-karyanya dengan berpartisipasi pada lomba Berselawat diiringi musik Kolintang untuk memperebutkan Piala Bergilir Menteri Agama.