Long Weekend, PT KAI Tambah Jumlah Perjalanan Kereta

Long Weekend, PT KAI Tambah Jumlah Perjalanan Kereta
Penumpang Kereta Api. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya hanya mengucapkan dua suku kata saja! Selamat long weekend, Jumat (14/4) hingga Minggu (16/4) akan menjadi masa liburan panjang yang menyenangkan bersama keluarga, sanak famili, handai tolan dan kerabat karib.

"Selamat berwisata!" ajaknya. 

Memang, ada hal yang bisa mengurangi kenikmatan berlibur karena okupansi semua hotel akan penuh. Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Bali, Palembang, Padang, hampir semua fully booked. Jika baru mencari hotel dan akomodasi hari ini, hampir pasti akan menyesal karena tidak akan mendapatkannya. 

Dari industri maskapai, kereta api, hotel,  homestay, transportasi lokal, suvenir, kuliner, semua sedang bersuka cita. Dampak pariwisata memang sampai ke level yang paling bawah ekonomi kita. 
 
Selama libur panjang, industri pariwisata Indonesia tak ada yang bisa santai. Semua sibuk menerima pesanan. Sejumlah maskapai penerbangan juga sudah siap-siap, termasuk PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Nah, meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA jelang libur panjang (long weekend) yang berbarengan dengan libur Paskah Jumat (14/4), membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) sigap melayani penumpang.
 
Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan, liburan panjang ini mulai berdampak kepada terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit, yakni 13 – 14 April. Berdasar data penjualan tiket sampai pukul 16.00, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan.

PT KAI mengoperasikan 28 KA reguler dari Stasiun Gambir, dan 24 KA reguler dari Stasiun Pasar Senen dengan total 29.310 kursi. Rinciannya, 11.360 seats untuk KA dari Stasiun Gambir dan 17.950 seats untuk KA dari Stasiun Pasar Senen.

?Kereta keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Kamis (13/4) adalah KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi, dan Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga tujuan Solo Balapan, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Sindoro dan Argo Muria tujuan Semarang Tawang, KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.??

Sedangkan untuk KA keberangkatan Jumat (14/4) adalah KA Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Argo Muria jurusan Semarang Tawang, KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng. Semua tiketnya sudah habis terjual.

Menteri Pariwisata Arief Yahya hanya mengucapkan dua suku kata saja! Selamat long weekend, Jumat (14/4) hingga Minggu (16/4) akan menjadi masa liburan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News