Longsor, Akses Jalan Menuju Kawasan Wisata Puncak Darajat Garut Putus Total

Longsor, Akses Jalan Menuju Kawasan Wisata Puncak Darajat Garut Putus Total
Kondisi jalan penghubung antara Puncak Darajat dengan Kawah Darajat akibat bencana longsor yang terjadi di Blok Cikupakan, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jumat (19/11/2021). Foto: Dok. Kecamatan Pasirwangi

jpnn.com, GARUT - Jalur puncak darajat menuju kawah darajat terputus akibat bencana longsor yang terjadi, Jum'at (19/11) pukul 11.45 WIB. 

Lokasi terjadinya longsor terletak di Kabupaten Garut, tepatnya di Blok Cikupakan, Desa Karyamejar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. 

Berdasarkan keterangan resmi dari Kominfo Garut, longsor menutup akses jalan penghubung antara puncak darajat menuju kawah darajat. 

"Posisinya di Blok Cikupakan dan merupakan perbatasan antara Desa Karyamekar dan Desa Sarimukti," ujar Camat Pasirwangi Saepul Hidayat pada keterangannya, Jumat (19/11). 

Saepul menerangkan, akibat kejadian tersebut ada beberapa pegawai yang terjebak akibat terputusnya jalan yang biasa dilalui oleh petani dan pekerja proyek PT Star Energy. 

"Di atas masih ada pegawai yang melakukan proyek dan mungkin kesulitan untuk turun, untuk alat-alat berat tidak bisa turun ke bawah karena terputus," jelasnya. 

Ia menambahkan, selain di daerah Desa Karyamekar, longsor juga terjadi di beberapa daerah lain di Kecamatan Pasirwangi, seperti di daerah jalan menuju kawah darajat, dan juga di daerah Desa Padaawas. 

Beberapa kejadian longsor ini diakibatkan oleh debit air yang sangat tinggi, disebabkan derasnya hujan yang terjadi di daerah tersebut. 

Jalur puncak darajat menuju kawah darajat terputus akibat bencana longsor yang terjadi siang tadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News