Lonjakan Cadangan Devisa Diharapkan Bisa Menguatkan Rupiah

Lonjakan Cadangan Devisa Diharapkan Bisa Menguatkan Rupiah
Saldo di rekening bank tiba-tiba berkurang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kenaikan cadangan devisa Indonesia menjadi USD 129,2 miliar pada akhir Desember 2019, diharapkan dapat memperkuat stabilitas makroekonomi termasuk nilai tukar rupiah, di tengah semakin tingginya tekanan ekonomi eksternal - ketegangan AS-Iran.

"Lonjakan cadangan devisa tersebut tentunya mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Kepala Ahli Ekonomi PT BNI (Persero) Ryan Kiryanto dihubungi di Jakarta, Rabu (8/1).

Bank Indonesia pada Rabu ini mengumumkan cadangan devisa Indonesia akhir 2019, sebesar USD 129,2 miliar atau naik USD 2,6 miliar berbanding pada November 2019, yang sebesar USD 126,6 miliar.

Ryan mengatakan, kenaikan cadangan devisa pada Desember 2019 itu karena kenaikan penerimaan devisa migas, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, dan penerimaan valas lainnya.

Oleh karena itu, ujar dia, penerimaan devisa migas harus dioptimalkan melalui pemanfaatan laporan devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri.

Bank Indonesia bersama pemerintah, tambahnya, harus terus konsisten menjaga posisi cadangan devisa dalam level memadai untuk mendukung stabilitas ekonomi dan sistem keuangan, serta meyakinkan investor bahwa prospek ekonomi Indonesia ke depan tetap baik.

Ryan mengatakan cadangan devisa yang selalu memadai juga akan mendongkrak kepercayaan pelaku pasar sehingga membantu arah pergerakan nilai tukar yang terus terapresiasi terhadap dolar AS di sepanjang 2020 ini.

"Kita patut apresiasi upaya BI dan pemerintah untuk menjaga posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2019," ujar Ryan.

Kenaikan cadangan devisa Indonesia menjadi USD 129,2 miliar, diharapkan dapat memperkuat stabilitas makroekonomi termasuk nilai tukar rupiah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News