Lorenzo Lambungkan Asa Yamaha

Lorenzo Lambungkan Asa Yamaha
Lorenzo Lambungkan Asa Yamaha

jpnn.com - SILVERSTONE - Motivasi Yamaha menuju MotoGP Inggris berada dalam titik yang tinggi. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo meningkatkan moral Yamaha setelah menjadi pembalap tercepat di sesi latihan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, kemarin. Lorenzo menunjukkan dominasinya di sesi siang hari.

Lorenzo mencatatkan waktu terbaiknya di bagian awal sesi siang hari. Dia membukukan catatan waktu  2 menit 02,734 detik. Catatan waktu itu lebih cepat 0,0224 detik dari pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang berada di posisi kedua. Catatan waktu Lorenzo tersebut lebih cepat 1 detik dari waktu tercepat sesi pagi hari yang diciptakan Marquez.

Hasil dari sesi latihan hari pertama tersebut menunjukkan Yamaha siap menggebrak lagi di sisa musim. Yamaha membawa misi balas dendam ke Silverstone setelah gagal meraih kemenangan di empat balapan terakhir. Bahkan, di balapan terakhir yaitu MotoGP Republik Ceko di Brno, Lorenzo finis di posisi ketiga setelah memimpin di lebih dari setengah lomba.

Dominasi Honda yang meraih empat kemenangan beruntun melalui Marquez tersebut tak urung membuat persaingan MotoGP musim ini berubah menjadi monoton. Sebenarnya tetap menarik, karena Marquez yang berstatus sebagai pembalap debutan atau rookie terus mencatatkan rekor demi rekor. Tapi, hal itu justru membuat Lorenzo dan Yamaha kian ketinggalan di papan klasemen sementara.

Harapan untuk melunturkan dominasi Honda tersebut muncul di Silverstone. Sirkuit tersebut merupakan salah satu yang ideal bagi motor YZR-M1 Yamaha. Jika Lorenzo atau bahkan rekan setimnya Valentino Rossi mampu mengalahkan Honda, kontan persaingan juara memanas lagi.
    
Di klasemen sementara, duo Yamaha itu tertinggal jauh dari Marquez dan Dani Pedrosa. Lorenzo yang sudah tidak menang lagi di lima balapan terakhir berada di posisi ketiga, sementara Rossi di peringkat keempat.
    
Kemenangan terakhir Lorenzo tercipta di Catalunya, Juni lalu. Usai kemenangan ketiganya itu, Lorenzo masih berada di posisi kedua klasemen sementara dan hanya tertinggal tujuh poin dari Pedrosa. Tapi, setelah rangkaian kegagalan, kini dia berada di merosot satu peringkat, tertinggal 44 poin dari Marquez.
    
Secara umum, para pembalap bisa dengan nyaman menjalani latihan di Silverstone, kemarin. Gangguan berupa hujan yang rutin menyapa di sesi latihan dalam dua musim terakhir, tak terjadi.

Hujan memang sempat turun di pagi hari, tapi lintasan sudah kering lagi ketika motor-motor MotoGP mencoba lintasan. Sehingga, para pembalap dan timnya bisa mencoba berbagai setting termasuk untuk pilihan ban.
    
Perkiraan cuaca menyebutkan peluang terjadinya hujan di akhir pekan cukup besar. Tapi, suhu udara cenderung meningkat. Sehingga, perbaikan catatan waktu masih akan terjadi hingga kualifikasi hari ini. (ady)


SILVERSTONE - Motivasi Yamaha menuju MotoGP Inggris berada dalam titik yang tinggi. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo meningkatkan moral Yamaha setelah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News