F1 Terapkan Pengunci Ban Ganda

F1 Terapkan Pengunci Ban Ganda
F1 Terapkan Pengunci Ban Ganda

PARIS - Demi keselmatan di area pitlane, FIA memperketat regulasi. Kali ini yang menjadi perhatian adalah perangkat pengunci ban di tiap mobil Formula 1. Regulasi baru tersebut bakal aktif saat berlangsungnya Grand Prix Singapura pada 22 September.

    

Peningkatan keamanan di pitlane saat berlangsungnya pitstop jadi fokus setelah seorang awak kamera mengalami cedera di GP Jerman. Dia terkena hantaman ban yang lepas dari mobil Mark Webber (Red Bull-Renault). Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa, FIA segera memberlakukan regulasi baru di balapan berikutnya, yaitu awak kamera dilarang berada di pitlane saat berlangsungnya balapan.

    

Insiden di Sirkuit Nuerburgring tersebut menunjukkan kelemahan dari regulasi lama F1. Mobil-Mobil F1 memang hanya dilengkapi dengan satu pengunci ban. Sehingga, jika kunci tersebut tak berfungsi, tak ada bagian lain yang mencegah terlontarnya ban.

    

Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, FIA membuat regulasi pengunci ban ganda. Dengan sistem itu, meski mobil melaju saat ban belum terpasang sempurna seperti kasus Webber, ban tidak akan terlempar.

       

PARIS - Demi keselmatan di area pitlane, FIA memperketat regulasi. Kali ini yang menjadi perhatian adalah perangkat pengunci ban di tiap mobil Formula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News