Lowongan 15 Ribu Prajurit TNI AD, Dijamin Transparan

Lowongan 15 Ribu Prajurit TNI AD, Dijamin Transparan
Kopassus. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TNI AD membuka lowongan rekrutmen prajurit sebanyak 15 ribu orang. Lowongan tersebut terbuka untuk seluruh pemuda maupun pemudi yang berminat menjadi bagian keluarga besar matra darat.

Namun, mereka juga sudah menentukan skala prioritas. Yakni pemuda dan pemudi dari luar Jawa. Khususnya asal wilayah timur Indonesia.

Asisten Personel KSAD Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan tersebut di Education and Training Expo, Jakarta Convention Center (JCC). Menurut dia, instansinya sengaja lebih mengutamakan pemuda dan pemudi dari luar Jawa.

Mulai dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, sampai Papua. ”Untuk wilayah itu diberikan peluang dan alokasi lebih banyak. Baik untuk calon perwira, bintara, maupun tamtama,” imbuhnya.

Menurut Heri, kesempatan untuk pemuda dan pemudi dari daerah-daerah di luar Jawa diperbesar dengan harapan mereka semakin banyak yang masuk menjadi bagian TNI AD. ”Untuk turut andil menjadi prajurit garda terdepan bangsa,” bebernya.

BACA JUGA: TNI Siap Kerahkan Kekuatan

Secara lebih terperinci, dia menyampaikan bahwa penerimaan prajurit TNI AD tahun ini sebanyak 15.574 orang. Jumlah tersebut di antaranya untuk 351 calon taruna Akademi Militer (Akmil).

Kemudian, 216 calon perwira prajurit karir, 3.167 bintara, serta 11.840 tamtama. ”Kami akan seleksi para pemuda dan pemudi Indonesia yang terbaik. Kita buka seluas-luasnya dan gratis atau tanpa ditarik bayaran sepeser pun,” terang dia.

Lowongan 15 ribu prajurit TNI AD akan diprioritaskan untuk wilayah timur Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News