LP Bisa Dibeli, Koruptor Tak Jera

LP Bisa Dibeli, Koruptor Tak Jera
LP Bisa Dibeli, Koruptor Tak Jera
JAKARTA - Sangat sulit untuk membuat para koruptor jera jika sistem lembaga pemasyarakatan (LP) tidak diperbaiki. Menurut Bambang Widjojanto, calon Ketua KPK, LP harus dibenahi terlebih dahulu karena di situlah muara atau akhir dari proses penegakan hukum.

"LP bisa dibeli, koruptor jadi nggak takut lagi dengan ancaman hukuman dalam pasal. Dalam sistem pemidanaan, bukan hanya pasal saja, perbaiki juga LP kita," ujar dia, Rabu (24/11) malam saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Menurut Bambang, pembenahan LP juga sangat urgen karena ada beberapa persoalan lain. Dia lantas menyebutkan salah satu contoh. Dari studi yang dilakukan lembaganya, ditemukan bahwa kapasitas LP di Indonesia sebenarnya mencukupi untuk menampung semua tahanan.

Mengapa terjadi overkapasitas? Kata dia, itu karena napi di kota-kota besar bertumpuk di LP-LP tertentu sementara LP di tempat lain masih kosong, tidak terdistribusi secara baik.

JAKARTA - Sangat sulit untuk membuat para koruptor jera jika sistem lembaga pemasyarakatan (LP) tidak diperbaiki. Menurut Bambang Widjojanto, calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News