LPEI dan BCA Jalin Kerja Sama Pendanaan Senilai Rp3 Triliun

LPEI dan BCA Jalin Kerja Sama Pendanaan Senilai Rp3 Triliun
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mendapatkan dukungan pendanaan dari PT Bank Central Asia Tbk. (BCA). Foto dok LPEI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendapatkan dukungan pendanaan dari PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), dalam bentuk time loan facility senilai Rp3 triliun dengan tenor dua tahun.

Fasilitas tersebut, terdiri dari time loan non-revolving satu Rp1,5 triliun dan time loan non-revolving dua Rp500 miliar dengan dan tambahan time loan non-revolving tiga senilai Rp1 triliun dengan tenor masing-masing dua tahun.

Dukungan pendanaan ini diharapkan akan memperkuat strategi bisnis LPEI dalam melaksanakan mandat undang-undang untuk mengakselerasi ekspor.

Penandatanganan dilaksanakan secara virtual oleh Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto, Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi, Direktur BCA Subur Tan, Direktur BCA Rudy Susanto, serta disaksikan oleh Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI Daniel James Rompas dan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, pada Selasa (22/6).

“Dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, LPEI terus bersinergi dengan perbankan di dalam negeri. Penandatanganan kerja sama ini juga membuktikan bahwa LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan terus mendapatkan kepercayaan dan dukungan penuh dari lembaga keuangan,” ucap Agus.

Sementara Jahja menuturkan kebersamaan yang telah terjalin sejak 2016 antara BCA dengan LPEI merupakan kesempatan yang istimewa.

"Sepanjang perjalanan tersebut, kami mencermati adanya dampak positif yang dirasakan. Hari ini, BCA kembali meneruskan kerja sama dengan memberikan penambahan fasilitas time loan senilai Rp1 Triliun. Kami sama-sama berharap fasilitas ini dapat mendukung pertumbuhan ekspor nasional dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional,” harap Jahja.

Kerja sama pendanaan LPEI dan BCA ini diharapkan akan membantu percepatan pertumbuhan ekspor nasional melalui penyaluran pembiayaan, penjaminan dan asuransi kepada pelaku usaha berorientasi ekspor.

Dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, LPEI terus bersinergi dengan perbankan di dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News