JPNN.com

LSI Denny JA Ingatkan Pemerintah Soal Potensi Ledakan Emosi Rakyat

Jumat, 12 Juni 2020 – 18:43 WIB
LSI Denny JA Ingatkan Pemerintah Soal Potensi Ledakan Emosi Rakyat - JPNN.com
Ilustrasi pekerja terkena PHK. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga penelitian Lingkar Survei Indonesia (LSI) Danny JA mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi ledakan emosi masyarakat karena kecemasan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan LSI Denny JA saat merilis hasil penelitiannya terkait kecemasan masyarakat yang mulai bergeser dari virus Covid-19 menjadi ekonomi.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, ancaman kelaparan dan pengangguran adalah sesuatu yang konkret dirasakan masyarakat, dan dianggap sebagai musuh yang nyata.

Sementara melawan virus bagi rakyat kebanyakan adalah musuh yang tidak kelihatan.

"Mereka yang lapar, yang dihalangi kerja, tidak pula menerima bantuan sosial memadai dapat berubah menjadi mereka yang marah," kata Rully dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/6).

Menurut dia, mereka yang marah dapat dengan mudah dipantik untuk memulai kerusuhan sosial. Krisis kesehatan menjadi krisis ekonomi dan bisa berubah menjadi krisis sosial dan politik.

"Kesulitan ekonomi publik ini perlu diantisipasi agar tak meledak menjadi kerusuhan sosial," jelas Rully.

Meski demikian, pihaknya mengingatkan, jangan karena ingin menghidupkan ekonomi, justru membahayakan kembali kesehatan masyarakat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fajar