LSI Petakan Tiga Skenario Demokrat

LSI Petakan Tiga Skenario Demokrat
LSI Petakan Tiga Skenario Demokrat
JAKARTA--Dalam survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) di Januari 2011, dukungan atas Demokrat masih di angka 20,5 persen. Kini, survey Januari-Februari 2012, Demokrat ke angka 13,7 persen. Dalam waktu setahun, Demokrat turun sekitar 7 persen. Lantas bagaimana Demokrat akan merespon kasus Wisma Atlet dan menurunnya pamor secara signifikan?

LSI memetakan tiga skenario yang akan terjadi. Salah satu dari ketiga skenario ini akan terwujud, baik AU Ketua Umum PD ditetapkan sebagai tersangka atau pun tidak. "Dengan AS (Wasekjen PD) menjadi tersangka, pertentangan tiga skenario ini akan semakin keras. Tiga skenario ini dirangkum dari berbagai analisis dan prediksi dalam riset kualitatif," kata peneliti LSI, Barkah Patimahu, dalam konfrensi pers, Minggu (5/2) di Kantor LSI, Jakarta Timur.

Skenario pertama, menurut LSI, SBY dan petinggi Demokrat lain mampu meyakinkan AU untuk nonaktif secara permanen atau pun sementara sebagai Ketua Umum, walau belum ditetapkan sebagai tersangka. Ini dilakukan agar mudah bagi Demokrat untuk mengalami recovery.

Menurut LSI, untuk kepentingan Public Relation, inisiatif mundur akan keluar dari mulut AU sendiri. Agar kebijakan ini fair, LSI mengatakan, turut juga non aktifkan aneka petinggi lain yang punya masalah sama dengan AU, yakni AM, AS dan MA.

JAKARTA--Dalam survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) di Januari 2011, dukungan atas Demokrat masih di angka 20,5 persen. Kini, survey Januari-Februari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News