LSM Galang Dana Gempa Harus Diaudit

LSM Galang Dana Gempa Harus Diaudit
LSM Galang Dana Gempa Harus Diaudit
JAKARTA - Dua mantan Ketua Umum Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Kota Padang (Bako IKK Padang) di Jakarta, H Sudirman Munir SH dan Irzan Said mendesak semua pihak yang selama ini melakukan penggalangan dana dengan alasan membantu korban gempa bumi yang terjadi di Padang 30 September 2009, segera mengumumkan hasil auditnya kepada publik. Menurut mereka berdua, kalau para pihak belum melakukan audit, masyarakat penyumbang berhak mengauditnya dengan cara menunjuk tim auditor.

"Keharusan untuk mengumumkan hasil audit tersebut sangat penting dan strategis guna menjaga kepercayaan publik terhadap banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kalau belum diaudit, masyarakat berhak mengauditnya" kata Sudirman dan Irzal di Jakarta, Senin (18/1).

Audit ini sangat penting terutama terhadap LSM yang selama ini telah menggunakan jasa perbankan dalam mengumpulkan dana dengan mengatasanamakan bantuan untuk para korban bencana alam gempa bumi. "Audit dimaksud terbilang mendesak mengingat kondisi riil Kota Padang saat ini relatif mulai membaik ,sementara ada diantara LSM yang menklaim bahwa membaiknya kondisi tersebut lebih dikarenakan dari usaha mereka, dan pemerintah kota dinilai mereka sama sekali tidak berbuat," tegas Irzan.

Klaim itu tentu harus dibuktikan agar tidak membingungkan masyarakat dan menjadi fitnah. Apalagi menjelang berlangsungnya Pilkada serentak untuk memilih gubernur dan sejumlah bupati dan walikota di Sumatera Barat. "Ini harus clear dulu agar fitnah tersebut tidak berkelanjutan hingga menelan korban," kata Irzan.

JAKARTA - Dua mantan Ketua Umum Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Kota Padang (Bako IKK Padang) di Jakarta, H Sudirman Munir SH dan Irzan Said mendesak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News