Luar Biasa, Ikhtiar Indonesia Melawan Perubahan Iklim Dipuji Eropa

Luar Biasa, Ikhtiar Indonesia Melawan Perubahan Iklim Dipuji Eropa
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau Leaders Summit on Climate melalui virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (22/04/2021). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa untuk Kebijakan Hijau Eropa dan Iklim Frans Timmermans mengapresiasi komitmen Indonesia untuk menjadi bagian dalam mengatasi perubahan iklim dunia.

"Saya sangat senang sekali adanya perkembangan di Indonesia mengenai perubahan iklim. Jadi ada peningkatan kesadaran yang luar biasa bahwa kita harus menangani perubahan iklim dan harus melakukan sesuatu untuk menangani perubahan iklim," ujar Frans Timmermans dalam diskusi publik yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jakarta, Selasa.

Timmermans mengungkapkan bahwa ada ambisi yang jelas dari Indonesia, yaitu menjadi salah satu pemimpin iklim di ASEAN.

"Para pemimpin di G20 berdiskusi untuk menjauhi penggunaan batu baru dalam jangka waktu tertentu dan harapan untuk meningkatkan potensi solusi berbasis alam dan meningkatkan kesehatan atau kebersihan laut," kata Timmermans.

Ia mengatakan potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat luar biasa. Indonesia memiliki sumber energi surya, sumber energi air, sumber energi angin, maupun sumber energi panas bumi.

"Ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan menarik perhatian kami karena Indonesia menjadi sangat ambisius terkait hal ini (komitmen mengatasi perubahan iklim, red) dan pada saat yang sama Indonesia juga tumbuh dengan kecepatan yang tinggi dalam hal pembangunan," ujar Timmermans.

Ia mengungkapkan efek dari optimisme atau komitmen yang dimiliki Indonesia mengenai perubahan iklim akan memberikan dampak positif kepada negara-negara berkembang lainnya.

"Indonesia sangat beruntung dengan energi baru terbarukan yang dimilikinya dan saya melihat hubungan bilateral antara negara-negara Eropa, Uni Eropa, dengan Indonesia sangat kuat. Hubungan kami dengan negara-negara ASEAN lainnya juga baik," kata dia.

Komisi Eropa sangat senang sekali adanya perkembangan di Indonesia mengenai perubahan iklim