Luar Biasa, Kakek 68 Tahun Ini Pernah Rangking ke 16 Fotografer Terbaik Dunia

Luar Biasa, Kakek 68 Tahun Ini Pernah Rangking ke 16 Fotografer Terbaik Dunia
Rasmono dan karyanya. Foto : Panji / jpnn.com

jpnn.com - Berbicara soal semangat hidup, tampaknya kegiatan yang dilakoni oleh Rasmono Sudarjo patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, di usianya yang semakin senior dia terus berkarya bagi tiga dunia yang digelutinya. Notaris, fotografer, sekaligus melukis.

 

Foto dua orang yang tengah mengendalikan kerbau terpampang rapi di sudut ruang Shao Gallery yang berada di Grand City Mal Surabaya. Tak sekadar foto, pada bagian bawah karya berjudul Buffalo Races itu terdapat tulisan 62nd Singapore International Photography Award (SIPA).

Foto tersebut begitu fenomenal. Bagaimana tidak, karya yang diabadikan pada awal 2015 silam itu telah mengantar si empunya meraih penghargaan foto terbaik dalam ajang bergengsi tersebut.

Bagi Rasmono yang tahun ini genap berusia 68 tahun, bergulat dengan fotografi merupakan kebiasaannya sejak remaja. Dari semula hanya hobi belaka, menjadi ajang eksistensinya dalam pergaulan lintas negara. ”Dari fotografi saya banyak mendapat teman bahkan pekerjaan,” kata pria kelahiran Palembang 21 Oktober 1947 itu.

Pekerjaaan yang dimaksud di sini berhubungan dengan profesinya sebagai notaris dan konsultan hukum. Tidak tanggung-tanggung, klien Rasmono kebanyakan merupakan pengusaha top negeri ini. Sebut saja salah satunya bos Maspion Group, Alim Markus. ”Kadang pekerjaan itu saya dapat ketika sedang santai hunting foto. Ketemu orang baru, ngomong-ngomong, eh ternyata dia tertarik menggunakan jasa saya,” jelasnya.

Mengabadikan berbagai momen indah dan pemandangan menakjubkan lewat lensa kamera sudah dia lakoni selama puluhan tahun. Memotret, menurut Rasmono, merupakan salah satu cara untuk mensyukuri dan menikmati setiap inchi keindahan yang sudah dihadirkan Tuhan untuk umat manusia. ’’Kita akan menjadi insan yang penuh rasa syukur dan enggan untuk merusak alam,’’ cetusnya.

Tak terhitung berapa karya foto yang sudah dia hasilkan hingga kini. Dari beberapa karya yang ada, Rasmono bahkan telah berhasil meraih penghargaan tingkat dunia.

Berbicara soal semangat hidup, tampaknya kegiatan yang dilakoni oleh Rasmono Sudarjo patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, di usianya yang semakin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News