Luar Biasa! Tol Cisumdawu Bakal Bikin Bandung - Bandara Kertajati Cuma 1 Jam

Luar Biasa! Tol Cisumdawu Bakal Bikin Bandung - Bandara Kertajati Cuma 1 Jam
Ruas Tol Cisumdawu. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, CILEUNYI - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan berdasarkan hasil uji coba, Tol Cisumdawa (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan bisa ditempuh dalam 15 menit.

Rute tersebut akan memakan waktu 60 menit jika menggunakan jalur sebelumnya melalui Jalan Raya Bandung-Cirebon.

"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar terus tumbuh," kata Danang saat seremonial Pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan, Senin (24/1).

Dia menambahkan apabila seluruh ruas Tol Cisumdawu beroperasi dan terkoneksi dengan akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, manfaatnya akan makin besar.

"Kalau saat ini jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati sekitar 160-180 kilometer, maka dengan adanya Tol Cisumdawu menjadi sekitar 60 kilometer," kata Danang.

Jarak dan waktu tempuh perjalanan dari wilayah Bandung ke Bandara Kertajati secara signifikan terpangkas hingga 50 persen.

"Harapannya Bandung menuju Kertajati bisa satu jam," ungkap Danang. (mcr18/jpnn)

Apabila Tol Cisumdawu beroperasi dan terkoneksi dengan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati manfaatnya akan makin besar.


Redaktur : Adek
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News