Luhut Binsar Sebut Indonesia Salah Satu Negara Tercepat Memulihkan Ekonomi

Luhut Binsar Sebut Indonesia Salah Satu Negara Tercepat Memulihkan Ekonomi
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) menyapa delegasi beberapa negara Afrika dalam "Special Ministerial-CEOs Meeting: Emerging Economies Cooperation" di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11/2022). ANTARA/Yashinta Difa.

jpnn.com - BALI -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara tercepat memulihkan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

Pada Kuartal III-2022, kata Luhut, Indonesia bisa memulihkan kembali produk domestik bruto (PDB) ke tingkat sebelum pandemi, dengan ekonomi yang terus tumbuh di angka 5,7 persen.

Luhut mengatakan itu dalam Special Ministerial-CEOs Meeting: Emerging Economies Cooperation yang diselenggarakan setelah KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11). 

Dalam kesempatan itu, Luhut Binsar juga memaparkan potensi kerja sama ekonomi Indonesia kepada beberapa perwakilan negara Afrika, serta para pelaku bisnis.

“Kami adalah salah satu negara yang tercepat (memulihkan ekonomi) karena kami bisa mengelola pandemi COVID-19 dan melakukan hilirisasi industri,” kata Luhut.

Terkait hilirisasi industri, dia menjelaskan bahwa saat ini Indonesia tidak hanya memproduksi bahan mentah, tetapi juga produk olahan dari bahan baku tersebut.

Luhut mengatakan industri nikel di Indonesia, menempatkan negeri ini sebagai produsen terbesar di dunia. 

Jika sebelumnya Indonesia hanya mengekspor bijih nikel, kini sudah mengolah nikel menjadi besi dan baja sebelum menjualnya ke luar negeri, agar memberi nilai tambah terhadap komoditas ekspor tersebut.

Di hadapan beberapa perwakilan negara Afrika dan pelaku bisnis, Luhut Binsar menegaskan bahwa Indonesia salah satu negara yang tercepat memulihkan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News