Luhut Klaim Pendapatan Per Kapita Bisa USD 10 Ribu, Ekonom Bilang Begini

Luhut Klaim Pendapatan Per Kapita Bisa USD 10 Ribu, Ekonom Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sebentar lagi Indonesia akan menjadi negara maju. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sebentar lagi Indonesia akan menjadi negara maju dalam satu dekade mendatang.

Pasalnya, Luhut optimistis pendapatan per kapita di Indonesia ada di kisaran USD 10 ribu.

Menurut Luhut, dalam delapan tahun terakhir, Indonesia telah mentransformasi ekonomi menjadi lebih efisien, lebih maju, dan tidak terlalu bergantung pada komoditas.

Lebih lanjut, peningkatan juga terjadi melalui hilirisasi industri, peningkatan efisiensi, digitalisasi, dan transformasi perdesaan.

Menanggapi hal itu, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai masih banyak tugas lain yang harus diselesaikan pemerintah.

"Tugas jangka pendek saat ini bukan mimpi USD 10 ribu pendapatan per kapita," ujar Bhima saat dikonfirmasi JPNN.com, Senin (25/7).

Menurut dia, pemerintah cukup mengembalikan status Indonesia menjadi upper middle income country atau keadaan ketika sebuah negara berhasil mencapai ke tingkat pendapatan menengah.

"Selama pandemi Covid-19 telah terjadi penurunan tajam pertumbuhan ekonomi sehingga PDB per kapita menjadi 4.291 per USD, sementara untuk kembali ke pra pandemi tentu butuh kerja ekstra keras," ungkap Bhima.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sebentar lagi Indonesia akan menjadi negara maju

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News