Luhut Siapkan Biak Numfor Jadi Eksportir Langsung, Sejumlah Negara Sudah Dibidik

Rabu, 24 Maret 2021 – 11:40 WIB
Luhut Siapkan Biak Numfor Jadi Eksportir Langsung, Sejumlah Negara Sudah Dibidik - JPNN.com
Luhut B. Pandjaitan menyiapkan Kabupaten Biak Numfor untuk melakukan ekspor langsung ke sejumlah negara. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menyiapkan Kabupaten Biak Numfor untuk melakukan ekspor langsung ke sejumlah negara.

Menurut dia, Kemenko Kemaritiman dan Investasi menyiapkan infrastruktur pendukung seperti kargo bandara dan pelabuhan, sehingga ikan dari Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) bisa langsung dieskpor.

“Biak Numfor ini potensinya besar dan posisinya sangat strategis, jadi nanti fasilitas pendukung untuk memungkinkan ekspor langsung seperti kargo itu akan segera kita siapkan. Sehingga ke depan ekspor ikan segar bisa langsung dikirim ke Hawaii, Jepang, atau Hongkong,” kata Menko Luhut dalam siaran pers yang diterima Rabu (24/3).

Luhut mengatakan, besarnya potensi juga dapat terlihat dari terus meningkatnya produksi sejak dibangun pada 2017 lalu.

Kendati demikian, lanjut dia, SKPT Biak Numfor hingga kini masih belum berhasil melaksanakan kegiatan ekspor produk perikanan secara langsung.

"Untuk mengatasi hal itu, kami berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub)," kata dia.

Luhut juga menyatakan mendukungan penuh agar Kabupaten Biak Numfor menjadi sentra pangan dengan ikan sebagai komoditas utama.

Dia menyebutkan, hadirnya SKPT diharapkan dapat menjadi pemicu kemajuan perekonomian di daerah Biak Numfor.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...