Lulus Kuliah, Jangan Ngotot Ingin Jadi PNS

Lulus Kuliah, Jangan Ngotot Ingin Jadi PNS
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PONTIANAK - Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero meminta para lulusan perguruan tinggi membuka lapangan usaha untuk menyerap tenaga kerja.

Hal itu dianggap berguna untuk menekan pengangguran di Kapuas.

“Jangan ngotot ingin jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau hononer di pemda. Pemda tidak akan mampu membayar dan menampung jika semua lulusan sarjana harus bekerja di pemerintahan,” tuturnya di laman Rakyat Kalbar, Kamis (1/9).

Ia menambahkan, dengan modal pendidikan yang didapat selama di bangku kuliah, seharusnya sarjana cerdas memanfaatkan peluang usaha yang ada. Terlebih, di Kapuas Hulu banyak bisnis yang bisa dikembangkan. “Harus kreatif,” pintanya.

Jika semua sarjana mengubah mindset untuk membuka usaha, lanjut dia, otomatis membantu pemerintah mengurangi pengangguran.

“Bayangkan jika satu usaha saja yang dibuka mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 20 orang, maka tidak akan ada lagi yang namanya kesulitan mencari kerja,” imbuh Anton.

Anton mencontohkan anaknya yang telah menyelesaikan pendidikan S2. “Dia tidak mau jadi pegawai negeri, malahan buka usaha. Sudah 20-an orang karyawannya. Dia ingin membantu masyarakat dengan mempekerjakan mereka di usaha itu,” ujarnya. (rk/jos/jpnn)


PONTIANAK - Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero meminta para lulusan perguruan tinggi membuka lapangan usaha untuk menyerap tenaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News