Lulusan Universitas Top Australia Dapat Gaji 6 Persen Lebih Tinggi

Lulusan Universitas Top Australia Dapat Gaji 6 Persen Lebih Tinggi
Bendera Australia. Foto: pixabay

Sudah banyak diketahui bahwa lulusan universitas terkenal lebih gampang mencari kerja, dan sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa lulusan dari universitas top di Australia mendapat gaji 6 persen lebih tinggi dibandingkan universitas lainnya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Grattan Institut yang mengatakan bahwa para lulusan S1 dari universitas top Australia dan juga universitas teknologi berpenghasilan enam persen lebih tinggi dalam masa kerja sekitar 40 tahun.

Dengan itu, para lulusan di bidang ekonomi atau sains misalnya akan mendapat penghasilan $ 200 ribu (sekitar Rp 2 miliar) lebih banyak.

Secara peringkat, universitas teknologi seperti RMIT di Melbourne, Curtin University di Perth, dan Queensland University of Technology memiliki peringkat yang jauh lebih rendah dibandingkan universitas seperti Sydney, Melbourne atau Adelaide.

Namun menurut Grattan Institut, di dalam pasar kerja di Australia perbedaan itu tidak terasa.

"Para lulusan dari universitas teknologi ini berpenghasilan sama dengan mereka yang berasal dari universitas yang lebih top," kata Direktur Pendidikan Tinggi Grattan Andrew Norton.

Selain ada perbedaan pendapatan antar lulusan universitas, perbedaan penghasilan juga tampak jelas antar berbagai jurusan.

"Dari laporan ini terlihat, bidang apa yang anda pelajari lebih penting lagi dari di universitas mana anda belajar," kata Norton.

Sudah banyak diketahui bahwa lulusan universitas terkenal lebih gampang mencari kerja, dan sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa lulusan dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News