Luncurkan Hilirisasi Peternakan, Mentan Syahrul Sampaikan Sejumlah Harapan

Luncurkan Hilirisasi Peternakan, Mentan Syahrul Sampaikan Sejumlah Harapan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) saat meluncurkan hilirisasi peternakan, berupa produksi perdana susu dan keju organik Indonesia di Pasuruan. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, PASURUAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan terus berupaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya peternak.

Upaya yang dilakukan antara lain melalui berbagai program kerja sama yang fokus pada peningkatan nilai tambah dan daya saing produk peternakan.

Mentan Syahrul menyebutkan peluncuran hilirisasi peternakan di Pasuruan, berupa produksi perdana susu dan keju organik menjadi salah satu langkah nyata Kementerian Pertanian (Kementan).

“Ini menjadi langkah pasti bagi Indonesia. Negara kita negara besar dengan berbagai produk pertanian yang sangat berpotensi," kata Mentan Syahrul saat berada di Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan (KPSP) yang berlokasi di Nongkojajar, Pasuruan.

Produksi susu organik dan hilirisasi keju organik pertama di Indonesia juga merupakan bukti hasil kerja sama negara Indonesia-Denmark.

Mentan Syahrul berharap kerja sama ini dapat mendorong peternak untuk berperan dan melakukan replikasi peternakan sapi perah organik di wilayahnya.

“Ini menjadi bukti bahwa peternakan kita mampu menjadi sumber kekuatan yang berpotensi bagi bangsa ini. Keju dan susu kita tidak kalah enak, tentu harus ada upaya-upaya untuk memperkuat ini, mulai dari budidayanya agar kualitasnya semakin baik hingga nantinya layak menembus pasar ekspor,” terangnya.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah menambahkan produk organik komoditas peternakan Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan melalui konsep back to nature.

Ini harapan Mentan Syahrul saat meluncurkan hilirisasi peternakan, berupa produksi perdana susu dan keju organik Indonesia di Pasuruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News