M Qodari Sebut Dampak Piala Dunia U-20 Berikan Kejutan Besar, Gibran Masuk Radar Capres 2024

M Qodari Sebut Dampak Piala Dunia U-20 Berikan Kejutan Besar, Gibran Masuk Radar Capres 2024
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan dampak dari batalnya Indonesia menjadi Piala Dunia U-20 memberikan banyak kejutan besar terhadap konstelasi politik menjelang Pilpres 2024.

Hal itu didasarkan pada hasil survei pemilihan presiden dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis 9 April 2023.

Kejutan pertama, kata Qodari, turunnya suara Ganjar Pranowo secara signifikan. Kedua, unggulnya Prabowo Subianto atas Ganjar Pranowo dalam simulasi tiga nama calon yang selama ini selalu ada pada urutan pertama.

Selain kedua kejutan tersebut, Qodari melihat satu lagi kejutan besar yang tidak kalah menariknya. Yakni masuknya nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dalam 6 besar calon presiden dengan elektabilitas tertinggi di angka 2,7 persen. Bahkan perolehan suara Gibran berada tipis satu tingkat di bawah Sandiaga Uno di angka 2,9 persen.

“Ini merupakan kejutan besar karena sebelum ini nama Gibran belum pernah muncul di survei pertanyaan terbuka,” kata Qodari dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Menurut Qodari, mengacu pada temuan survei Indikator Politik Indonesia pada survei Maret 2023 di mana saat itu nama Gibran tidak ada dalam radar survei. Tetapi hanya dalam waktu satu bulan, elektabilitas Gibran bisa melonjak naik.

Qodari menilai naiknya elektabilitas Gibran tidak terlepas dari pro dan kontra soal keterlibatan tim nasional Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 yang berdampak pada pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Kita tahu dalam pro kontra tersebut nama Gibran menjadi sangat menonjol karena Solo di mana Gibran menjadi wali kota adalah salah satu tuan rumah dari Piala Dunia U-20 dan Gibran dengan tegas dan jelas menerima kehadiran tim Israel dan tetap mau menyelenggarakan Piala Dunia,” ungkap Qodari.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan dampak dari batalnya Indonesia menjadi Piala Dunia U-20 memberikan kejutan besar menjelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News