M Qodari Ungkap Cara Jokowi Endorse Prabowo Subianto, Oh Begitu

M Qodari Ungkap Cara Jokowi Endorse Prabowo Subianto, Oh Begitu
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mendampingi Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2). Foto: Dok Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali mengendorse beberapa tokoh terkait Pemilu 2024. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pengamat komunikasi politik M. Qodari mengatakan sebenarnya endorse politik yang dilakukan Presiden Jokowi untuk capres 2024 tertuju kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hal ini dikatakan Qodari Direktur Eksekutif Indo Barometer saat wawancara di salah satu televisi nasional, Kamis (23/2) lalu.

"Endorsement itu menurut saya harus dilihat dari peristiwa lain, misalnya seberapa sering Pak Jokowi hadir bersama dengan tokoh tertentu, yang kedua ada gak misalnya acara-acara yang wilayahnya Pak Jokowi yang diwakilkan kepada salah satu tokoh misalnya ada acara olahraga itu Pak Prabowo mewakili Pak Jokowi."

"Ini kan menarik, beliau kan bukan Menpora beliau kan Menteri Pertahanan. Ini lebih tepatnya dibaca sebagai endorsemen ketimbang membaca nama-nama yang hadir di acara partai atau ormas," kata M. Qodari.

Dia melanjutkan bahwa yang lebih penting diperhatikan adalah jika ingin dapat suara dari Presiden Jokowi adalah sinyal dari sang calon. Pada titik ini kata M. Qodari sinyal yang paling kuat diberikan adalah dari Prabowo Subianto.

"Prabowo memberikan sinyal kuat saya mau dukung Pak Jokowi. Kita lihat beberapa kali pidato Pak Prabowo sering memuji Pak Jokowi dengan keteguhannya keberaniannya termasuk yang paling terakhir partai Gerindra menyatakan sangat jelas dan tegas akan didukung dilanjutkannya pembangunan IKN," kata M. Qodari.

Ia pun memastikan dengan sinyal-sinyal seperti itu tentunya akan memberikan kode kepada pendukung Jokowi bahwa Prabowo akan melanjutkan pembangunan pemerintah Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali mengendorse beberapa tokoh terkait Pemilu 2024. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News