M16 Dorong Pendatang Baru Lebih Agresif Jelang Pilkada

M16 Dorong Pendatang Baru Lebih Agresif Jelang Pilkada
Kotak suara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Mataram Bambang Mei Finarwanto mengimbau para penantang tampil lebih agresif dan menunjukkan taji dalam pilkada di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2020.

Pasalnya, para penantang tidak memiliki modal utama yang sudah dipegang petahana, yakni popularitas dan elektabilitas.

Sebagaimana diketahui, tujuh dari sepuluh kabupaten dan kota di NTB akan menggelar pilkada pada tahun depan.

BACA JUGA: Komisi II Siap Bahas Larangan Eks Koruptor Maju Pilkada dengan KPU

Bambang menambahkan, masyarakat sudah mengetahui baik dan buruk kinerja petahana. Di sisi lain, gagasan yang disampaikan penantang bakal sia-sia jika tidak sampai ke masyarakat.

"Kalau mau imbangi popularitas dan elektabilitas petahana, pendatang baru harus sadar diri. Jangan merasa kuat sebelum bertanding," ujar pria yang karib disapa Didu itu, Jumat (9/8) .

Menurut Didu, para pendatang baru kerap terbuai dengan hasil survei internal. Didu menegaskan, hasil survei hanya sebagai tolok ukur atau alat.

"Hasil survei seharusnya diikuti tindakan lanjut. Kelemahan yang pendatang baru seringkali terkesan ikuti pola petahana. Harusnya dia melakukan tindakan yang tidak dilakukan oleh petahana," ucap Didu.

Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Mataram Bambang Mei Finarwanto mengimbau para penantang tampil lebih agresif dan menunjukkan taji dalam pilkada di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News