Maaf Facebook, Warga Australia Sudah Bosan

Maaf Facebook, Warga Australia Sudah Bosan
Associate Professor Roger Patulny dari University of Wollongong mengatakan pengguna sosial media punya kontrol penuh dalam menggunakannya.

Facebook adalah raksasa teknologi yang digunakan 2,7 miliar orang, namun penelitian terbaru menunjukkan warga Australia sudah mulai berhenti menggunakannya karena dianggap membosankan.

Data dari Survei Perilaku Sosial di Australia (AUSSA) menunjukkan warga yang berusia 41-56 tahun merasa lebih mudah meninggalkan media sosial.

Kelompok lainnya adalah yang masuk dalam sebutan 'generasi Z', yaitu kelompok usia 6-24 tahun.

Lebih dari 5.000 orang yang mengikuti survei AUSSA, yakni sebanyak 50 persen dari seluruh responden, mengatakan alasan utama mereka membatasi penggunaan media sosial adalah karena platform tersebut memicu "kebosanan" dan juga "menghabiskan waktu".

Dosen Sosiologi University of Wollongong, Roger Patulny mengatakan penemuan ini mencerminkan bagaimana para pengguna memiliki kendali atas kebiasaan media sosial mereka lebih banyak dari yang mereka pikirkan.

Maaf Facebook, Warga Australia Sudah Bosan
Penelitian menunjukkan mereka yang bergelar universitas lebih mengurangi penggunaan sosial media.

Pexels: Tracy Le Blanc

"Pengguna menunjukkan kendali dan kemampuan untuk berhenti dan ini adalah hal yang baik," kata Dr Patulny.

Penelitian terbaru di Australia menunjukkan semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin kuat keinginan mereka untuk meninggalkan sosial media

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News