Mabes Polri Proses Kapolda Jabar Terkait Seleksi Calon Taruna Akpol

Mabes Polri Proses Kapolda Jabar Terkait Seleksi Calon Taruna Akpol
Martinus Sitompul. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video protes orang tua terhadap Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan beredar di media sosial. Mereka protes akibat pemeriksaan kesehatan ulang yang memprioritaskan putra daerah untuk lolos.

Menanggapi itu, Mabes Polri akan melakukan pemeriksaan. Namun, aksi protes itu disinyalir lantaran para orang tua tidak terima anaknya gugur dalam tes penerimaan Akademi Kepolisian.

"Sampai saat ini memang ada informasi bahwa ada ketidakpuasan masyarakat, tentu ini akan kami dalami," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di kantornya, Kamis (29/6).

Meski begitu, lanjut dia, pihaknya akan menindaklanjuti protes orang tua calon taruna Akpol tersebut. Saat ini, pihaknya masih mengumpulkan informasi.

"Bila nanti ini terkait dengan adanya pelanggaran-pelanggaran tentu akan kami tindaklanjuti," kata Martin.

Protes sejumlah orang tua tersebut dikarenakan adanya kebijakan Kapolda Jawa Barat yang menerapkan kuota calon taruna Akpol yang dikirim ke Semarang, dibagi menjadi dua, putra daerah dan nonputra daerah.

Setelah diseleksi ulang, untuk putra daerah dari 13 peserta yang berhasil lolos hanya 12 orang. Sedangkan nonputra daerah dari 22 peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang menjadi sebelas orang. Selain itu Polda Jabar pun meloloskan empat calon Taruni Akpol (Polwan).

Martin mengaku belum mengetahui adanya kebijakan yang diberlakukan oleh Kapolda Jawa Barat. "(Kebijakan) itu belum ada. Belum ada berdasarkan kesukuan," tandas Martin.(Mg4/jpnn)


Sebuah video protes orang tua terhadap Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan beredar di media sosial. Mereka protes akibat pemeriksaan kesehatan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News