Macet di Tol Cipali Sampai 10 Kilometer

Macet di Tol Cipali Sampai 10 Kilometer
MACET: Kemacetan jelang pintu keluar Tol Palimanan Kabupaten Cirebon mengalami kemacetan, Jumat (1/7). Foto: Ilmi Yanfa Unnas/Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com - CIREBON - Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri, volume kendaraan arus mudik mengalami lonjakan luar biasa di ruas jalan Tol Cikampek- Palimanan (Cipali). Berdasarkan pantauan Radar Cirebon (JPNN Group), kemacetan kendaraan pemudik mencapai 10 kilometer. 

Melihat terjadinya antrean yang cukup panjang, petugas Satlantas Polres Cirebon Kabupaten memberlakukan contraflow. Sebagian kendaraan dialihkan ke jalur kanan, bertujuan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan.

Pemberlakuan contraflow itu setiap satu jam sekali, hingga arus kendaraan normal dan tidak mengalami kepadatan yang panjang, 

“Setelah melihat penumpukan kendaraan yang cukup panjang, kami berlakukan contraflow untuk mengurai kemacetan,” kata Kapolres Cirebon Kabupaten AKBP Sugeng Hariyanto, Sabtu (2/7).

Masih menurut Kapolres Sugeng, bukan hanya di ruas Tol Cipali yang mengalami kepadatan, namun juga di jalur pantura mulai macet. 

“Kemarin (Jumat, 1/7) memang jalur pantura sudah padat arus kendaraan pemudik. Oleh karena itu, petugas kami sebar di beberapa titik jalur pantura, khususnya pada pasar tumpah, serta rawan kemacetan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Aryanto mengatakan, arus kendaraan yang melintas di Tol Cipali dan keluar dari Gerbang Tol Palimanan (GTP) pada H-4 ini dari mulai pukul 06.00-14.00 tercatat sebanyak 21.750 kendaraan. 

“Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada hari Jumat yang tercatat sekitar 23.000 kendaraan,” katanya.

CIREBON - Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri, volume kendaraan arus mudik mengalami lonjakan luar biasa di ruas jalan Tol Cikampek- Palimanan (Cipali).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News