Selasa, 26 Maret 2019 – 07:10 WIB

Madu Efektif Redakan Radang Tenggorokan?

Jumat, 15 Maret 2019 – 23:26 WIB
Madu Efektif Redakan Radang Tenggorokan? - JPNN.COM

jpnn.com - Rasanya yang manis membuat madu digemari oleh seluruh kalangan usia, baik tua maupun muda. Selain menambah rasa manis pada makanan atau minuman, sejak lama madu dipercaya oleh masyarakat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina. Selain itu, madu juga dianggap efektif redakan radang tenggorokan.

Kandungan madu dan beragam manfaatnya

Madu banyak dikonsumsi bersama dengan campuran teh, susu, dimanfaatkan sebagai pengganti gula, dioleskan pada roti ataupun dikonsumsi langsung. Dalam madu alami terkandung 82,4 persen karbohidrat, 38,5 persen fruktosa, 31 persen glukosa, 17,1 persen air, 0,5 persen protein, vitamin dan kandungan lainnya.

Jika dikaitkan dengan kesehatan, kandungan pada madu yang dianggap bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain asam fenolat, flavonoid, asam askorbat, protein, karotenoid dan enzim tertentu seperti glucose (glukosa), oxidase dan katalase.

Selain sebagai penambah rasa manis, madu memiliki efek antibakteri dan antivirus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada tahun 2014, madu Manuka terbukti dapat menghambat pertumbuhan virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi flu.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Cochrane Database of Systematic Reviews pada tahun 2013, disebutkan bahwa madu juga terbukti efektif mempercepat penyembuhan luka.

Madu sebagai obat radang tenggorokan

Dalam bahasa medis, radang tenggorokan disebut dengan tonsilofaringitis karena sering kali disertai peradangan pada amandel atau tonsil.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar