JPNN.com

Maha Vajiralongkorn, Raja Baru Thailand yang Kerap Terjerat Skandal

Minggu, 05 Mei 2019 – 06:50 WIB Maha Vajiralongkorn, Raja Baru Thailand yang Kerap Terjerat Skandal - JPNN.com

jpnn.com, BANGKOK - Maha Vajiralongkorn resmi dinobatkan sebagai raja Thailand kemarin, Sabtu (4/5). Pria kelahiran 28 Juli 1952 itu dikenal sebagai sosok eksentrik dengan sederet skandal dan kontroversi.

Dia dikenal sebagai playboy. Pada 3 Januari 1977 dia menikah dengan sepupunya, Putri Soamsawali Kitiyakara, lewat perjodohan. Pada Desember 1978 dia berselingkuh dengan artis Sujarinee Vivacharawongse alias Yuvadhida Polpraserth. Mereka mempunyai lima anak di luar nikah. Keduanya baru menikah pada 1994 setelah Vajiralongkorn bercerai dengan istri pertamanya.

Pada 1996 Vajiralongkorn bercerai dari Sujarinee dan tidak mengakui empat putranya hasil hubungan mereka. Status sebagai keluarga kerajaan dicabut. Dia juga membuat pengumuman publik bahwa Sujarinee berselingkuh dengan tentara.

BACA JUGA: Penobatan Raja Dinilai Pengalihan Isu Kecurangan Pemilu Thailand

Istri ketiganya, Srirasmi Suwadee, hanya mengenakan G-string saat acara pesta ulang tahun Foo Foo. Dia adalah anjing pudel kesayangan Vajiralongkorn. Srirasmi juga makan dari mangkuk anjing. Video itu direkam pada 2005 dan baru bocor 2007 saat kudeta militer.

Pada 2014 Vajiralongkorn bercerai dengan Srirasmi dan mengirimnya ke pengasingan. Gelar kerajaan yang diberikan kepada keluarga Srirasmi dicabut. Tiga saudara Srirasmi dipenjara dengan tuduhan melakukan kejahatan melawan kerajaan. Orang tua Srirasmi juga dipenjara dengan tudingan korupsi. Paman Srirasmi, Pongpat Chayapan, yang merupakan petugas kepolisian dituduh melakukan pekerjaan ilegal.

Foo Foo diberi gelar Laksamana Jenderal Penerbangan. Ketika Foo Foo meninggal pada 2015, Vajiralongkorn menggelar upacara pemakaman selama empat hari.

Vajiralongkorn senang memakai tato temporer yang memenuhi hampir sekujur tubuhnya dan kerap memamerkannya dengan memakai crop top.

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...