Mahasiswa dan Dosen Diminta Menahan Diri, Ingat Masih Pandemi

Mahasiswa dan Dosen Diminta Menahan Diri, Ingat Masih Pandemi
Plt Dirjen Dikti Nizam. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam meminta mahasiswa dan dosen harus menahan diri meski sudah masa new normal.

Masa new normal justru harus lebih hati-hati karena pandemi COVID-19 belum melandai.

"Kita harus tahu diri dan menahan diri karena masih di masa pandemi. Jangan terbawa euforia kebebasan padahal bahaya virus corona masih mengintai," kata Nizam, Kamis (25/6).

Dia menyebutkan, tahun akademik baru 2020/2021 akan segera dimulai pada Agustus 2020 dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan tinggi.

Untuk daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah sistem pembelajaran tetap dilanjutkan dengan belajar dari rumah sedangkan untuk zona hijau boleh dilakukan pembelajaran tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan.

“Kita tidak boleh kalah (dengan COVID-19). Upayakan pembelajaran yang aman dan memastikan kesehatan untuk kita semua. Konsentrasi kita utama pada kesehatan dan keselamatan siswa, orang tua dan penyelenggara,” ujarnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab dalam mempersiapkan penyelenggaraan tahun akademik baru di tengah COVID-19, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, telah menyiapkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 bagi perguruan tinggi dengan melibatkan tim ahli di bidang kesehatan.

Panduan tersebut menginformasikan bahwa perkuliahan di semester mendatang diupayakan secara dalam jaringan (daring) untuk menjamin kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan.

Mahasiswa dan dosen diminta untuk menahan diri meski sudah memasuki masa new normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News