Kemendikbud Buka Pelatihan Pembelajaran Daring untuk 100 Ribu Dosen

Kemendikbud Buka Pelatihan Pembelajaran Daring untuk 100 Ribu Dosen
Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani. Foto: tangkapan layar teleconference/mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan pelatihan pembelajaran daring bagi 100 ribu dosen.

Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan pembelajaran daring.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, pembelajaran daring akan berlaku hingga akhir tahun 2020.

Itu sebabnya Ditjen Dikti telah menyusun program dan kebijakan untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran daring di perguruan tinggi agar berjalan baik dengan tetap memerhatikan kualitas pembelajaran.

"Ditjen Dikti juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa penyedia layanan untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan pembelajaran daring,” tutur Paris dalam teleconfrence, Selasa (23/6).

Peris menjelaskan, implementasi pembelajaran daring akan selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.

Contohnya, mahasiswa akan diberikan kebebasan belajar di luar program studi dengan mempelajari materi lain melalui PJJ (pembelajaran jarak jauh).

Kebijakan ini akan semakin mempermudah mahasiswa dalam memperkaya wawasan dalam memenuhi kebutuhannya sebagai pembelajar yang merdeka.

Kemendikbud menyiapkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan pembelajaran daring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News