Mahasiswa Geruduk Kedutaan Jepang, Protes Pembuangan Limbah Nuklir ke Laut Pasifik

Mahasiswa Geruduk Kedutaan Jepang, Protes Pembuangan Limbah Nuklir ke Laut Pasifik
Gerakan Aktivis Mahasiswa berunjuk rasa di depan kedutaan Jepang untuk Indonesia di Jakarta, pada Senin (30/10) merespons Pembuangan air limbah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima di Jepang. Foto: Dok GAM

jpnn.com, JAKARTA - Sekelompok massa yang mengatasnamakan Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) menggelar aksi unjuk rasa di depan kedutaan Jepang untuk Indonesia di Jakarta, pada Senin (30/10).

Massa memprotes pembuangan air limbah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima di Jepang.

Sekitar 50 masa aksi berkumpul di luar Kedutaan Besar Jepang sembari membawa poster bertuliskan 'Laut bukan tempat sampah Jepang' dan 'Kami menentang pembuangan air limbah'.

Dalam aksi Demokrasi itu masa yang tergabung dalam GAM berusaha memasuki kantor kedutaan sekitar pukul 13.00 waktu setempat, sembari meneriakkan slogan-slogan yang mengecam pembuangan air radioaktif.

Aksi damai ini sebagai bentuk protes GAM terhadap tindakan pembuangan air limbah PLTN Fukushima ke Samudra Pasifik oleh Jepang.

Para peserta demo itu menyampaikan sejumlah tuntutan mereka. Berikut rinciannya:

Pertama, mendesak Kedutaan Jepang segera mengintruksikan kepada pemerintah Jepang untuk membantalkan pelaksanaan pelepasan air olahan yang terkena radiasi.

Kedua, meminta pemerintah Indonesia untuk segera mendesak pemerintah Jepang menyikapi masalah pelepasan air limbah radioaktif ke Samudra pasifik.

Sekelompok massa yang mengatasnamakan Gerakan Aktivis Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan kedutaan Jepang untuk Indonesia di Jakarta, Senin (30/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News