Mahasiswa Sorong Siapkan Robot Pemadam Api

Lomba Robot Cerdas Tingkat Nasional

Mahasiswa Sorong Siapkan Robot Pemadam Api
Mahasiswa Sorong Siapkan Robot Pemadam Api
SORONG -- Sejumlah mahasiswa Politeknik Katolik Saint Paul Sorong sudah merancang robot pemadam api, yang akan diikutkan dalam lomba robot cerdas nasional yang akan dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Direktur Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, Ir Yoes Anggara Gunawan,  kepada Radar Sorong (grup JPNN) menjelaskan, kampusnya menyiapkan 4 mahasiswa dan 4 dosen pendamping, mewakili devisi IV wilayah timur untuk ikut lomba robot cerdas nasional itu.

"Lmba bergengsi robot cerdas nasional ini merupakan salah satu bentuk upaya kami menunjukkan kemampuan di bidang elektronik oleh mahasiswa yang ada di Papua khususnya di Kota Sorong. Bahwa mahasiswa Papua bisa bersaing dengan mahasiswa di luar Papua. Karena image selama ini wilayah timur terbelakang dalam berbagai segi baik pendidikan sehingga pihaknya sebagai politeknik swasta juga bisa mengikuti lomba tersebut," urainya.

Dijelaskan, sebelumnya Politeknik Saint Paul sudah pernah mengikuti lomba robot cerdas nasional dan mendapatkan juara III di Surabaya. Untuk itu diharapkan, lomab kali ini bisa tampil lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Secara teknis, kata Yoes Anggara, robot cerdas yang akan diperlombakan akan melalui beberapa rintangan yang diuji, mulai dari rintangan penghalang tembok, belokan maupun halangan kaca. Karena sistem robot ini menggunakan sensor ultrasonic yang fungsinya mendeteksi halangan dengan mengenali benda seperti tembok maupun benda lain termasuk dipasang tabung air untuk memadamkan api lilin.

SORONG -- Sejumlah mahasiswa Politeknik Katolik Saint Paul Sorong sudah merancang robot pemadam api, yang akan diikutkan dalam lomba robot cerdas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News