JPNN.com

Mahasiswa Spanyol Ciptakan Lengan Prostetik dari Lego

Minggu, 10 Februari 2019 – 02:27 WIB Mahasiswa Spanyol Ciptakan Lengan Prostetik dari Lego - JPNN.com

jpnn.com - Tangan kiri David Aguilar dengan cekatan mengambil lengan palsu (prostesis) di meja kamarnya. Pemuda 19 tahun itu lantas memasukkan lengan kanannya yang tak sempurna ke lengan robotik tersebut. Dan bergerak-geraklah lengan baru itu.

"Ini lengan buatan saya yang pertama. Saya menamainya MK I karena mirip dengan lengan Iron Man," kata Aguilar saat diwawancarai Reuters.

Ya, Aguilar menciptakan sendiri tangan itu. Persis seperti Tony Stark yang membikin baju dan peranti untuk Iron Man. Bedanya, lengan buatan Aguilar dibuat dari keping-keping Lego, mainan yang berasal dari Denmark itu.

Mahasiswa jurusan bioengineering di Universitat Internacional de Catalunya, Spanyol, tersebut memang membutuhkan lengan buatan. Dia mengalami kelainan genetik sehingga lahir tanpa lengan kanan bawah. Aguilar menceritakan bahwa dulu dirinya pernah merasa malu dan tak percaya diri.

"Saya ingin melihat diri saya di cermin seperti orang lain, dengan dua tangan (lengkap, Red)," tegas pemuda asal Andorra itu.

Tapi, Aguilar tak mudah putus asa. Di usia 9 tahun, dia akhirnya berhasil membuat lengan prostesis pertamanya.

Pada 2017 Aguilar membuat MK I. Namun, gerakannya masih terbatas. Rancangannya terus berkembang hingga MK IV. Lengan terbaru itu sudah bisa punya jari-jari dan bisa memegang. Kalau terus berkembang, bisa-bisa dia bikin lengan yang bisa menembak dan terbang. Seperti Iron Man... (sha/c10/dos)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...