Mahasiswa STP Trisakti Kembangkan Desa Cibulao jadi Destinasi Wisata Kopi

Mahasiswa STP Trisakti Kembangkan Desa Cibulao jadi Destinasi Wisata Kopi
Mahasiswa STP Trisakti mengubah Desa Cibulao menjadi destinasi baru'bagi para pecinta kopi. Foto: Humas STP Trisakti

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak mahasiswa dan dosen pembimbing berkontribusi membangun desa lewat kompetisi hibah bina desa atau sekarang dikenal dengan istilah PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa).

Berawal dari pengiriman proposal yang bersaing dengan ribuan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti melalui Trisakti Destination Club (TDC) lolos mendapatkan dana hibah untuk membangun Desa Cibulao Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa selama 6 bulan, dengan konsep metode kombinasi. 

Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati SE MM mengungkapkan, Tim TDC membuat penyuluhan secara online, kemudian pelaksanaan kegiatan secara langsung membangun fasilitas wisata. 

"Kampung Cibulao memiliki hasil kopi Robusta dan Arabika. Kopi tersebut nikmat disajikan untuk para pecinta kopi. Ini yang mendasari ide mahasiswa kami membuat program membangun Cibulao Kopi Tour," kata Fetty di Jakarta, Minggu (8/11).

Lewat program ini, lanjutnya, masyarakat Desa Cibulao diajak untuk mengembangkan potensi desanya.

Tim TDC melakukan kegiatan membangun jalan, jembatan, spot selfie pemandangan alam, sarana cuci tangan, menyediakan alat pendekteksi suhu tubuh, dan membuat papan informasi jalan, serta papan kreatif. 

Pada papan kreatif, mahasiswa mengajak masyarakat dan pengunjung untuk lebih mencintai alam, menjaga alam, dan promosi Kopi Cibulao. 

Desa Cibulao diubah menjadi destinasi wisata baru oleh mahasiswa STP Trisakti lewat wisata tour kopi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News