Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Quick Disaster Google Glass

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Quick Disaster Google Glass
Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Quick Disaster Google Glass

jpnn.com - SLEMAN – Berkembangnya teknologi menjadi salah satu keuntungan dalam membantu mengantisipasi bencana atau mitigasi bencana. Salah satunya seperti yang diciptakan oleh sejumlah mahassiwa UGM, aplikasi Quick Disaster melalui Google Glass.

Google glass merupakan produk teknologi baru yang dikeluarkan oleh Google. Teknologi ini berbentuk kacamata (wearable devices) produk riset Google yang di dalamnya terdapat sebuah komputer untuk memproses dan menampilkan sebuah informasi layaknya smartphone

”Karena harganya yang terbilang masih cukup tinggi dibandingkan produk teknologi lain, maka dari itu aplikasi Quick Disaster menyasar kalangan menengah ke atas,” jelas mahasiswa Ilmu Komputer Daniel Oscar Baskoro itu, seperti dilansir Radar Jogja (15/5).

Aplikasi yang dibuat beserta tim dari Ilmu Komputer dan Geofisikan UGM ini merupakan aplikasi dampak bencana berbasis visual dan suara.

Untuk mendapatkan data mengenai informasi kebencanaan, seseorang tidak perlu repot lagi menyalakan perangkatnya. Sebab, cukup memerintahkan dengan suara maka aplikasi dan informasi kebencanaan sudah terpampang.

Untuk perintah, jelasnya, masih menggunakan bahasa Inggris. Pengucapannya pun harus sesuai. Bila terjadi gempa, misalnya, bisa dikatakan ”oke glass, quick disaster earthquake”.

Beberapa data kebencanaan yang dimasukan di antaranya, gempa bumi, longsor, tornado, gunung api, bencana tsunami, dan lain-lain. Semua data tentang informasi kebencanaan tersebut sudah tersusun dalam basis data aplikasi Quick Disaster.

Data-data tersebut, jelasnya, didapatkan dari berbagai lembaga kebencanaan yang terpercaya seperti Deru UGM, BNPB, BPPTK maupun BMKG. Sedangkan untuk kebencanaan dari luar seperti tornado didapatkan dari berbagai sumber informasi lembaga kebencanaan yang ada di Amerika Serikat.

SLEMAN – Berkembangnya teknologi menjadi salah satu keuntungan dalam membantu mengantisipasi bencana atau mitigasi bencana. Salah satunya seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News