Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Asesmen Resiko Covid-19

Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Asesmen Resiko Covid-19
Ilustrasi Corona Covid-19. Foto: pixabay

jpnn.com, DEPOK - Sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) berkolaborasi menciptakan sebuah Platform Penyedia Asesmen Risiko terkena COVID-19 bernama EndCorona.

Inisiator EndCorona Arya Lukmana (Mahasiswa FKUI angkatan 2018) dalam keterangannya Rabu berharap melalui aplikasi ini, masyarakat dapat menyadari akan risiko mereka terkena COVID-19 dan bertindak sesuai dengan kerentanan masing-masing.

Soft launching EndCorona dilakukan pada Rabu (1/4) secara live streaming melalui Akun Youtube resmi FKUI https://www.youtube.com/user/MedicineUI/live. EndCorona telah dapat diakses di endcorona.fk.ui.ac.id dan atau endcorona.id melalui komputer ataupun ponsel.

Arya mengatakan EndCorona dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19 di Indonesia. Salah satunya, fitur asesmen untuk mengetahui kondisi diri sendiri mengenai risiko mengalami COVID-19.

Asesmen ini dapat digunakan untuk mengelompokkan pengguna sesuai kerentanannya mengidap COVID-19 dengan kategori risiko rendah, hati-hati, rentan, sangat rentan.

"Pengkajian tersebut didasarkan oleh pengkajian mendalam tim pembimbing FKUI-RSCM dari jurnal ilmiah terpercaya serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti," katanya, Rabu (1/3).

EndCorona juga hadir sebagai kanal informasi dan edukasi untuk membantu masyarakat menemukan pengetahuan yang benar berdasarkan Ilmu Kedokteran, memberikan informasi, situasi terkini, dan mencegah berkembangnya berita hoaks mengenai COVID-19.

Lebih lanjut Arya menuturkan fitur yang ada di dalam EndCorona terdiri atas Asesmen kerentanan COVID-19, Hotline Lengkap rumah sakit di Indonesia dan Dinkes daerah se-Indonesia,

Sejumlah mahasiswa FKUI dan Fasilkom UI berkolaborasi menciptakan sebuah Platform Penyedia Asesmen Risiko terkena COVID-19 bernama EndCorona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News