Mahasiswi UMY Awalnya Diajak Rapat, Tetapi Dibawa ke Indekos, Pelakunya Bikin Gempar

Mahasiswi UMY Awalnya Diajak Rapat, Tetapi Dibawa ke Indekos, Pelakunya Bikin Gempar
Ilustrasi pelecehan seksual. Foto: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diduga jadi korban pelecehan seksual.

Kabar itu meluas di kalangan mahasiswa UMY dan membuat gempar kala akun Instagram @dear_umycatcallers mengunggah narasi dugaan kasus beserta enam foto termasuk tangkapan layar percakapan antara terduga pelaku dan korban.

Menanggapi kasus itu, Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Hijriyah Oktaviani menuturkan proses investigasi dimulai sejak kabar yang beredar mengenai dugaan kasus tindakan asusila oleh oknum mahasiswa UMY muncul di salah satu akun media sosial pada pekan lalu.

"Kami langsung mengambil langkah melalui Komite Etik dan Disiplin Mahasiswa, mencoba menelusuri baik pelaku maupun korban untuk bisa memberikan pernyataan," ujar Hijriyah saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa.

Komite Disiplin dan Etik Mahasiswa, kata dia, telah melakukan pemanggilan terhadap terduga pelaku maupun penyintas yang sama-sama berstatus mahasiswa UMY sehingga dapat dilakukan penyelidikan secara menyeluruh untuk mendapatkan bukti dan kebenaran kasus tersebut.

"Alhamdulillah keduanya kooperatif sudah memenuhi panggilan itu," katanya.

Dia berharap investigasi segera rampung sehingga hasilnya nantinya dapat disampaikan kepada pimpinan UMY sebagai rekomendasi.

"Harapan kami kasus ini bisa segera diselesaikan cepat dan tepat. Cepat dalam arti tidak berlarut-larut dan tepat dalam arti memberikan rasa keadilan, utamanya untuk korban," tutur Hijriyah.

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diduga diperkosa di sebuah indekos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News