Mahfud MD dan Tito Menghadiri Pencanangan Gerbangdutas di Talaud, TNI AL Melibatkan 2 KRI

Mahfud MD dan Tito Menghadiri Pencanangan Gerbangdutas di Talaud, TNI AL Melibatkan 2 KRI
KRI Pulau Raas-722 dan KRI Kakap-811. ANTARA/HO-Dispen Lantamal VIII (1)

jpnn.com, MANADO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melibatkan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dalam mendukung pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas).

Pencanangan Gerbangdutas rencananya dilaksanakan pada 24 Mei 2022 di Wanala, Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. 

Rencananya, Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian, akan menghadiri acara itu. 

Selain pencanangan Gerbangdutas, Mahfud MD dan Tito Karnavian, rencananya akan melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau Pulau Miangas.

Ya, Pulau Miangas merupakan salah satu pulau terdepan yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud. 

Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Letkol Laut (KH) Amja Gultom mengatakan selain terlibat dalam pencanangan Gerbangdutas, kedua KRI tersebut melakukan pengamanan wilayah laut di daerah perbatasan yang menjadi rute lintas laut.

"Kedua kapal tersebut adalah KRI Pulau Raas-722 dari Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada II dan KRI Kakap-811 dari Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VIII," kata Amja Gultom di Manado, Senin (23/5). 

Kedua KRI yang bertolak dari Dermaga Satrol Lantamal VIII itu mengangkut personel maupun material pendukung yang digunakan dalam kegiatan pencanangan Gerbangdutas mulai dari Bitung, Melonguane, Miangas, Kakorotan, dan kembali lagi ke Bitung dalam rangka mendukung rencana kunjungan dua menteri di Pulau Miangas. (antara/jpnn)

TNI AL akan mengerahkan 2 KRI untuk mendukung pencanangan Gerbangdutas di Talaud, yang dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian. 


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News