Mahfud MD Sebut MK Fenomenal

Mahfud MD Sebut MK Fenomenal
Mahfud MD Sebut MK Fenomenal
JAKARTA- Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan bahwa keberadaan MK di Indonesia sangat fenomenal. Karena keberhasilan Indonesia membangun negara demokrasi konstitusional tidak bisa dilepaskan dari keberadaan lembaga ini.

"Selama 8 tahun MK hadir bersama lembaga dan elemen negara lainnya. Kiprah MK dinilai cukup fenomenal dalam usia muda. Karena MK telah dapat kepercayaan publik membawa terobosan hukum," kata Mahfud dalam pembukaan simposium internasional di Istana Negara, Senin (11/7).

Meski begitu, Mahfud menyadari bahwa setiap putusan hukum pasti akan ada pihak-pihak yang mengkritik. Namun secara nasional dan internasional, imbuh dia, integritas para Hakim MK sudah mendapatkan pengakuan langsung dari publik.

MK kata Mahfud memegang prinsip hakiki yang harus dimiliki lembaga peradilan, yaitu independensi. Bagi MK independensi dihayati sebagai kekebalan dari pengaruh luar, bukan hanya dari eksekutif, tapi juga dari tekanan opini publik dan LSM.

JAKARTA- Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan bahwa keberadaan MK di Indonesia sangat fenomenal. Karena keberhasilan Indonesia membangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News