Mahfud MD Serukan Salat Id dan Halalbihalal di Rumah

Mahfud MD Serukan Salat Id dan Halalbihalal di Rumah
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Zuhdiar Laeis/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyerukan umat untuk memerhatikan protokol kesehatan saat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Misalnya, kata Mahfud, dengan melaksanakan salat Id secara terbatas di rumah. Hal itu demi mencegah penularan coronavirus disease 2019 (COVID-19).

"Dalam suasana pandemi COVID-19 ini, mari laksanakan salat id dan berhalalbihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud dalam keterangan resmi kepada awak media, Jumat (22/5).

Menurut Mahfud, pemerintah menyerukan salat Id di rumah setelah melihat anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

Ketiga organisasi itu menyerukan kepada umat untuk tetap aman selama Hari Raya Idulfitri.

Terlebih lagi, kata Mahfud, seruan tetap di rumah juga dilakukan beberapa negara.

Seperti Arab Saudi yang meminta warganya tetap di rumah dan hal itu berujung pada sepinya Masjidilharam.

"Bukan hanya di Indonesia anjuran salat di rumah ini dilakukan, bahkan di Makkah dan Madinah yaitu masjidilharam dan Masjid Nabawi juga ditutup demi menyelamatkam kaum muslimin dari penularan COVID-19," timpal dia.

Mahfud MD mencontohkan Arab Saudi yang meminta warganya tetap di rumah selama Idulfitri dan hal itu berujung pada sepinya Masjidilharam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News